(http://www.mediafire.com/file/99fzx5xjxefqn3g/McDonalds.mpg)

 

SEMIOTIKA PADA IKLAN MC DONAL

IKLAN MC DONAL  VERSI  MC DONAL AND CAT

Iklan yang berdurasi 30 detik ini bercerita mengenai seorang anak laki- laki yang sedang mengerjain seekor kucing anggora di depan rumahnya dengan tikus mainan. Anak laki laki tersebut menggunakan tikus mainan untuk menggoda sikucing dengan menggangkat tikus mainan tersebut keatas kebawa secara berulang – ulang sehingga kucing tersebut mesti mengayunkan tangkannya keatas  untuk mendapatkan tikus mainan tersebut yg dikiranya tikus asli yg menjadi makanannya , sampai akhirnya si Kucing kecapean dan berpikir untuk melakukan sesuatu. Dan seketika kucing tersebut berlaring menghilang, dan anak laki-laki tersebut bingung dan heran kemana perginya sikucing. Lalu tiba –tiba di atas sibocah melihat ke atas sibocah melihat ada sekantong  kentang goreng (mc.donal) berwarna merah dan bertuliskan huruf M besar tentu saja dengan segera anak laki- laki tersebut berusaha mendapatkannya.Dan ternyata kini giliran sikucing menarik ulur Kentang goreng (mc.donal) tersebut daria tas ke bawah menggunakan seutas tali dari atas ketinggian gedung.dan sambil menertawakan si anak laki laki tersebut yang berusaha untuk mendapatkan Kentang goreng (mc.donal) yang menjadi makanan paporitnya.

Dari pembahasan diatas mengenai semiotika periklanan, banyak bahasa gambar dan bahasa tanda yang bisa kita uraikan menjadi beberapa bagian diantaranya:

Bahasa visual

Bahasa visual yang ditampilkan dalam iklan ini diuraikan pada beberapa item yang mengandung konotasi visual. Jika dilihat dari lokasi kejadian adalah di sebuah Halaman depan rumah. Halaman depan rumah(sebagai tanda) yang berarti bermain. Permainan yang artinya sasaran pemakai produk ini adalah masyarakat umum yang ceria. Lalu item kedua dengan menampilkan tokoh utama seorang Anak laki –laki yg ganteng,dgn style anak masakini yang mengenakan Topi. Topi berarti simbol style gaya hidup (tanda). Yang merujuk kepada seorang fungky n trendi yang tetap menggunakan topi walaupun mengiklankan produk kentang goreng. Tetapi lewat bahasa gambar yang tepat, produk jadi makan yang tepat juga sangat diperlukan. Dan Mc.Donals memahami kebutuhan semua kalangan. Dan jika dilihat dari unsur sosial atau kultur budaya tempat produk ini dipasarkan, yaitu Eropa, dimana sangat ingin menciptakan image sosial negerinya dan dimana rata-rata anak laki_laki memakai topi,jeans dan kaos. Disamping memang life style di negara ini. Iklan ini jika dikaitkan dengan perekonomian dan sosial kultur  akan menjadi satu kesatuan yang utuh, dalam artian, iklan ini menempatkan bahasa gambar yang tepat terhadap pangsa pasar yang tepat pula. Selain dari simbol gaya hidup yang ditampilkan, iklan ini secara bahasa gambar yang menampilkan usaha tokoh utama untuk dapat  menikmati kentang goreng tersebut. Dan kisah permainan antara si anak laki laki dan kucing tersebut  disampaikan dengan suatu hal yg lazim ada di kehidupannyata. Walaupun ada adegan yg tak mungkin dilakukan seekor kucing dengan menarik ulur Mc.Donal dari ketinggian gedung dengan simbol mengambil buku yang jatuh, tetapi tetap membuat keakraban yang terjalin setelahnya menjadi indah untuk dapat menghadirkan kesan/ image kegembiraan yang di timbulkannya.

Bahasa warna

Warna yang ditampilkan pada iklan ini adalah warna yang soft dan alami. Tetapi untuk tokoh utama anak laki-laki warna yang dipakai adalah warna merah layaknya kentang goreng MC Donals. Warna merah berarti renyah dan gurih setelah menikmati kentang goreng Mc.Donals tersebut. membuat tokoh utama pun nampak ingin sekali mendapatkannya. Hal ini menimbulkan kesan semangat dan aura energik yang keluar. Dalam simpulannya bahwa menjadi menjadi bahasa renyah dan gurih.

Bahasa editing

Bahasa editing yang digunakan untuk memperlihatkan artraksi yg di lakukan seekor kucing adalah dengan memakai permainan menggunakan MC.Donals. Hal ini berarti ada proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang di butuhkan  sehingga yang diinginkan dapat di nikmati Dan ukuran gambar yang dipakai cendrung closeup. Gambar full shot hanya ada pada   iklan untuk menjelaskan lokasi atau tempat.

Bahasa bunyi

Bunyi/ suara atau audio yang terdapat dalam iklan ini merujuk untuk keperluan pendukung suasana. Yaitu suasana adegan lucu yang riang namun tetap coolin down, dalam artian bahwa audio yang dihadirkan berfungsi untuk membuat suasana fun dan kegembiraan  muncul dengan simple, sama seperti image yang ingin ditimbulkan, yaitu anak stylis, havefun dan energik sehingga memilih makanan favoritnya. Sementara itu pada akhir iklan disampaikan bahwa kecerdasan keduanya bisa dilakukan dengan sesuatu atau hal yg di inginkan“  hal ini berarti lebih memperjelaskan bahwa untuk memperlihatkan kecerdasan yang dilakukan dalam kegembiraan untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkan.